Jenis Makanan dan Minuman yang Bantu Redakan Sakit Perut

Jenis Makanan dan Minuman yang Bantu Redakan Sakit Perut

Jenis Makanan dan Minuman yang Bantu Redakan Sakit Perut – Hampir semua orang pernah mengalami sakit perut, entah akibat sakit diare atau gangguan pencernaan lain. Keluhan ini sering kali muncul bersama deposit 10 ribu gejala lain seperti mual atau muntah. Untungnya, ada makanan yang bisa diandalkan untuk meredakan sakit perut.

Makanan dan minuman untuk mengatasi sakit perut

1. Jahe

Manfaat jahe untuk pencernaan memang tak ada duanya. Herbal ini ampuh mengatasi sakit perut yang disertai mual dan/atau muntah. Bahkan, studi menunjukkan konsumsi jahe terbukti mengurangi mual yang parah akibat kehamilan dan kemoterapi. Para ahli belum sepenuhnya memahami mekanismenya, tapi mereka menduga bahwa jahe berinteraksi dengan sistem saraf yang mengirimkan sinyal menuju perut.

2. Biji rami dan minyaknya

Dikenal sebagai salah satu makanan super, biji rami (flaxseed) ternyata memiliki khasiat lain untuk meredakan sakit perut. Biji rami ini paling cocok Anda konsumsi saat perut terasa tidak nyaman akibat sembelit (konstipasi) berkepanjangan. Biji rami bentuk segar atau minyak kaya akan serat. Menurut penelitian pada 2015, konsumsi minyak biji rami dapat melancarkan gerak pencernaan dan membuat feses menjadi lembut sehingga mengurangi keluhan akibat sembelit..

3. Pisang mengkal

Pisang dikenal baik sebagai makanan untuk mengatasi sembelit, tapi pernahkah Anda mencoba pisang mengkal untuk mengatasi diare? Beda dengan pisang matang, pisang ini memiliki daging buah yang belum matang sempurna dan starlight princess maxwin serat yang lebih banyak. Cobalah mengukus beberapa buah pisang mengkal. Kandungan seratnya yang tinggi dapat membantu memadatkan feses sehingga diare dapat pulih lebih cepat.

4. Pepaya

Satu lagi buah yang terkenal dengan manfaatnya untuk mengatasi sakit perut yakni pepaya. Makanan kaya serat ini dapat meredakan sakit perut akibat gejala gangguan pencernaan umum, perut kembung, sembelit, hingga tukak lambung. Manfaat tersebut berasal dari enzim papain pada buah pepaya. Papain membantu mencerna protein dari makanan sehingga tubuh lebih mudah mencerna dan menyerap zat gizi.

5. Makanan mengandung probiotik

Sakit perut terkadang disebabkan karena jumlah bakteri jahat melebihi bakteri baik di dalam usus. Kabar baiknya, Anda dapat menyeimbangkan kembali jumlah bakteri usus dengan mengonsumsi makanan mengandung probiotik. Probiotik merupakan bakteri bermanfaat yang membantu melancarkan buang air besar dan menjaga kesehatan pencernaan.