5 Jenis Cara Untuk Menjaga Kesehatan Kulit

5 Jenis Cara Untuk Menjaga Kesehatan Kulit – Pengen enggak sih memiliki kulit tubuh indah dan sehat? Memiliki kulit tubuh indah dan sehat adalah dambaan banyak wanita. Meski demikian, pastinya harus ada perjuangan yang dilakukan untuk bisa mendapatkan hal tersebut. Kulit tubuh yang sehat menjadikan pemiliknya menjadi lebih percaya diri dan akan lebih bahagia menjalani kehidupan sehari-hari. Perlu diketahui, bahwa kulit sangat rentan terkontaminasi dengan hal-hal di sekitarnya seperti adanya bakteri ataupun microorganism. Memiliki kulit tubuh yang cerah dan sehat membuat seorang wanita tampil lebih percaya diri. Untuk bisa mendapatkan kulit yang sehat, tentu harus melakukan perawatan dengan cara yang tepat juga.

5 Jenis Cara Untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Sediakan Waktu Tidur dengan Cukup

Kurang tidur dapat menimbulkan efek buruk bagi kesehatan, termasuk kulit. Kurang tidur dapat menyebabkan kulit menjadi slot gacor hari ini kusam dan terlihat menua, serta timbulnya mata panda. Padahal, dengan waktu tidur yang cukup, sel-sel dalam tubuh dapat melakukan regenerasi secara alami. Oleh karena itu, pentingnya waktu istirahat 7-8 jam per hari agar menjaga kesehatan tubuh.

Hindari Stres

Stres yang berlebihan dapat memicu munculnya hormon kortisol dan adrenalin dari tubuh yang bisa membuat kulit lebih sensitif. Akibatnya, muncul jerawat di mana-mana. Buruknya lagi, masalah kulit lain seperti komedo, jerawat, flek hitam juga ikut muncul. Oleh karenanya, usahakan untuk selalu berpikiran positif dan jangan terlalu stres memikirkan segala sesuatu.

Rajin Membersihkan Wajah dan Gunakan Pelembab

Agar kesehatan kulit tubuh tetap terjaga, maka Realfoodfam memperhatikan cara perawatan wajah yang benar. Usahakan untuk selalu mencuci muka setelah beraktivitas keluar rumah untuk membersihkan kotoran dan minyak. Setelah itu, jangan lupa untuk menggunakan pelembab yang berfungsi untuk menyeimbangkan PH serta menjaga agar kulit kita tetap lembut dan lembab. Jangan lupa gunakan pelembab yang mengandung SPF tinggi (15 – 30 SPF terkandung tingkat sensitivitas kulit) agar kulit terlindungi dari paparan sinar matahari.

Hindari Alkohol

Tak hanya merokok, mengonsumsi alkohol secara berlebihan juga dapat merusak kulit tubuh. Hal ini dikarenakan, kulit akan  mengalami dehidrasi yang berlebih yang mengakibatkan kulit menjadi berkerut dan terlihat lebih tua. Tak hanya itu saja, alkohol juga memberikan dampak buruk yakni merusak jaringan organ hati. Apabila terlanjur mengalami kerusakan, maka fungsi hati untuk menyaring racun dalam tubuh tidak maksimal. Tak berhenti di situ saja, permasalahan lain seperti terhambatnya produksi alami kolagen dalam tubuh juga dapat dialami. Salah satu fungsi kolagen yaitu untuk mengencangkan kulit tubuh. Jika terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol, maka kulit akan lebih mudah kendur akibat berkurangnya produksi kolagen alami dalam tubuh.

Hindari Asap Rokok

Salah satu tips untuk menjaga kesehatan kulit yaitu dengan menghindari asap rokok. Dilansir dari dinkes.palangkaraya.go.id, asap rokok dapat memicu zat-zat yang merusak regenerasi pertumbuhan sel-sel kulit. Bahkan, seorang perempuan sangat dianjurkan untuk tidak merokok karena memiliki resiko yang lebih rentan terkena osteoporosis dan gangguan kesuburan. Selain berdampak buruk bagi kesehatan, perempuan yang merokok akan mengalami proses penuaan lebih cepat dibanding waktu alamiahnya. Hal ini berakibat pada berkurangnya aliran darah menuju tubuh. Oleh karenanya, hal inilah yang membuat kulit tubuh terlihat pucat.