4 Tips Untuk Mengatasi Jantung yang Berdebar

4 Tips Untuk Mengatasi Jantung yang Berdebar

4 Tips Untuk Mengatasi Jantung yang Berdebar – Penyebab jantung berdebar setelah minum kopi adalah karena kandungan kafein yang terdapat dalam kopi. Kafein adalah stimulan yang dapat meningkatkan aktivitas sistem saraf pusat, termasuk meningkatkan detak jantung.Ketika minum kopi, kafein akan diserap ke dalam aliran darah dan mencapai jantung. Di sana, kafein akan merangsang produksi hormon adrenalin yang bertugas untuk meningkatkan detak jantung. Hormon adrenalin juga dapat memicu konstriksi pada pembuluh darah yang dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah.

Baca Juga: Penyakit Asam Lambung dan Obat yang di Pakai Penderitanya

Tidak semua orang memiliki respons yang sama terhadap kafein. Beberapa orang lebih sensitif terhadap efek stimulan kafein yang dapat menyebabkan jantung berdebar. Selain itu, jumlah kopi yang dikonsumsi juga dapat berpengaruh. Namun, biasanya jantung berdebar setelah minum kopi bersifat sementara dan tidak berbahaya, terutama jika orang tersebut dalam keadaan sehat.

4 Tips Untuk Mengatasi Jantung yang Berdebar

Latihan Pernapasan

 Cara meredakan jantung berdebar setelah minum kopi yang terakhir adalah melatih pernapasan. Jantung berdebar sering kali menyebabkan penderita sulit mengatur napas. Hal ini bisa diatasi dengan mengatur pernapasan dengan baik. Latihan pernapasan dalam dapat membantu mengaktifkan respons relaksasi dalam tubuh. Jika mengalami jantung berdebar setelah minum kopi, tarik napas dalam-dalam melalui hidung, tahan sejenak, lalu perlahan hembuskan napas melalui mulut. Teknik ini dapat diulangi beberapa kali hingga detak jantung kembali normal.

Konsumsi Makanan Tinggi Magnesium

 Cara mengatasi jantung berdebar setelah minum kopi selanjutnya adalah dengan mengonsumsi makanan tinggi magnesium. Magnesium adalah salah satu mineral yang baik untuk kesehatan jantung. Tak hanya itu, magnesium juga mampu mengatur irama jantung dan meredakan palpitasi. Beberapa sumber makanan yang kaya magnesium adalah sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kale, kacang-kacangan seperti almond dan kacang Brazil, biji-bijian seperti biji chia, serta buah pisang.

Perbanyak Minum Air Putih

 Langkah pertama ketika mengalami jantung berdebar setelah minum kopi adalah dengan memperbanyak minum air putih. Air putih yang cukup dapat menetralisir stimulan kafein yang menyebabkan jantung berdebar. Selain itu, kafein memiliki efek diuretik ringan yang dapat meningkatkan produksi urine dan menyebabkan dehidrasi. Ketika tubuh kekurangan cairan, jantung dapat menjadi lebih sensitif terhadap efek stimulan kafein. Namun, dengan memperbanyak minum air putih, cairan tubuh akan lebih seimbang dan mengurangi risiko jantung berdebar setelah minum kopi.

Lakukan Olahraga Ringan

 Cara selanjutnya adalah melakukan olahraga ringan. Melakukan olahraga ringan setelah minum kopi dapat membantu meningkatkan aliran darah, memperkuat jantung, dan mengurangi gejala jantung berdebar. Olahraga kardio ringan yang dapat dilakukan seperti berjalan santai atau bersepeda bisa menjadi pilihan saat mengalami jantung berdebar.